PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan tanggapan terkait kebijakan pemerintah untuk menaikkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi

12 persen yang akan berlaku mulai tahun depan. Kebijakan ini diperkirakan akan berdampak pada kenaikan harga jual mobil,

yang berpotensi memengaruhi daya beli konsumen.

Kondisi ini menjadi perhatian khusus, mengingat Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) menargetkan penjualan mobil nasional mencapai satu juta unit pada 2025.

“Kenaikan PPN ini tentu berdampak pada konsumen, karena mereka harus menghadapi kenaikan harga kendaraan yang diinginkan,

” ujar Sri Agung Handayani, Marketing Director & Corporate Communications Director PT ADM, saat berbicara kepada KatadataOTO, Senin (18/11).

Ia menambahkan, produsen otomotif perlu mencari strategi untuk menjaga daya beli masyarakat, terutama setelah kebijakan PPN 12 persen resmi diberlakukan pada 1 Januari 2025.

Menanggapi situasi ini, Sri Agung menegaskan bahwa Daihatsu akan terus memantau dampak dari kebijakan tersebut dan tetap berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan pasar.

“Kami fokus pada solusi yang dapat membantu konsumen beradaptasi dengan perubahan ini, terutama bagi pembeli mobil pertama,” tambahnya.

Mayoritas konsumen Daihatsu merupakan pembeli mobil pertama atau first car buyer,

yakni mereka yang sebelumnya belum pernah memiliki kendaraan roda empat. Daihatsu dikenal dengan produk-produk yang terjangkau,

seperti Ayla, yang dibanderol mulai dari Rp 137,8 juta hingga Rp 193,7 juta untuk varian tertinggi.

Daihatsu juga menawarkan LCGC (Low Cost Green Car) 7-seater seperti Sigra, dengan harga mulai Rp 139,2 juta hingga Rp 184,6 juta.

Sepanjang Oktober 2024, Sigra menjadi model terlaris Daihatsu dengan total penjualan 4.077 unit, menyumbang 31 persen dari total penjualan perusahaan yang

mencapai sekitar 73 ribu unit. Di posisi berikutnya, Gran Max Pick Up terjual sebanyak 3.569 unit (27 persen), diikuti Ayla dengan 1.442 unit (11 persen). Pada segmen

LCGC MPV secara keseluruhan, Sigra menyumbang 59 persen dengan penjualan 46.858 unit sepanjang tahun.

Untuk meningkatkan penjualan, PT ADM juga menghadirkan program Daifest 2024 yang berlangsung hingga 31 Desember. Dalam program ini, konsumen

berkesempatan mendapatkan hadiah berupa paket liburan domestik dan internasional, serta Grand Prize berupa satu unit Daihatsu Rocky.