Mobil merupakan salah satu aset berharga yang perlu dijaga kondisinya. Bagi banyak orang, mobil bukan hanya alat transportasi, tetapi juga sahabat setia yang menemani perjalanan.

Namun, seiring waktu, performa mobil dapat menurun dan kondisinya bisa memburuk. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kebiasaan buruk dalam merawat mobil.

Kebiasaan buruk ini bisa tanpa disadari dilakukan oleh banyak orang. Padahal, kebiasaan-kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada mobil dan membuat biaya servis membengkak.

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari agar mobilmu tetap awet dan bertenaga:

1. Malas Ganti Oli dan Filter Oli

Oli berfungsi untuk melumasi dan melindungi komponen mesin dari gesekan. Ganti oli secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan atau minimal setiap 5.000 – 10.000 km. Jangan lupa juga untuk mengganti filter oli setiap kali ganti oli.

2. Memanaskan Mesin Terlalu Lama

Memanaskan mesin selama 1-2 menit sebelum digunakan sudah cukup untuk melumasi seluruh komponen mesin. Memanaskan mesin terlalu lama justru dapat boros bahan bakar dan tidak baik untuk mesin.

3. Mengemudi Kasar

Hindari kebiasaan berkendara yang kasar seperti mengebut, mengerem mendadak, dan akselerasi berlebihan. Kebiasaan ini dapat merusak komponen mesin dan membuat mobil boros bahan bakar.

4. Memarkir Mobil di Sembarang Tempat

Parkirkan mobil di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari yang panas dapat memudarkan cat mobil, membuat ban menjadi getas, dan bahkan merusak komponen mesin.

5. Mengabaikan Perawatan Rutin

Bawa mobil Anda ke bengkel terpercaya untuk melakukan service rutin minimal setiap 6 bulan sekali. Service rutin dapat membantu mendeteksi kerusakan dini dan mencegah kerusakan yang lebih besar.

6. Menggunakan Spare Part yang Tidak Berkualitas

Gunakan spare part yang berkualitas saat melakukan perbaikan atau penggantian komponen mesin. Hal ini dapat membantu menjaga performa mesin dan mencegah kerusakan dini.

7. Mengabaikan Suara Mesin

Perhatikan suara mesin saat Anda berkendara. Jika Anda mendengar suara yang tidak biasa, segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa.

Dengan menghindari kebiasaan buruk di atas dan melakukan perawatan mobil dengan baik, Anda dapat memperpanjang usia pakai mobil Anda dan membuatnya tetap awet dan bertenaga.