Daihatsu mencatatkan sebanyak 501 unit di ajang Astra Auto Fest 2019 yang berlangsung pada akhir pekan lalu. Jumlah itu melebihi target semula yang dicanangkan sebanyak 200 unit.

Dari pameran pada 22—24 November 2019 itu, penjualan terbesar dikontribusi oleh Sigra sebanyak 161 unit. Di belakang Sigra, model Terios berkontribusi sebanyak 102 unit, Ayla (99 unit), Xenia (57 unit), Gran Max Pick Up (48 unit), Sirion (13 unit), Gran Max Minibus (9 unit), Gran Max Blind Van (8 unit), Luxio (3 unit), dan Himax (1 unit).

CEO PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Supranoto mengatakan raihan penjualan tersebut berhasil melampaui ekspektasi. Kinerja tersebut sejalan dengan tren pertumbuhan penjualan Daihatsu yang meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

“Angka penjualan di Astra Auto Fest 2019 ini di atas ekspektasi,” ujarnya dikutip dari siaran pers, Rabu (27/11/2019)

Dia mengharapkan tren positif ini dapat bertahan hingga akhir tahun ini agar Daihatsu dapat mempertahankan pangsa pasar 17%. Menurutnya, penjualan pada 2 bulan terakhir biasanya lebih tinggi dibandingkan 10 bulan lainnya, didorong oleh momentum pembagian bonus pada akhir tahun.

“Makanya kami yakin hingga akhir tahun bisa mempertahankan pangsa pasar 17%,” ujarnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Oktober Daihatsu meraih penjualan ritel 15.578 unit atau naik 18,8% dari bulan sebelumnya sebanyak 13.112 unit. Adapun, sepanjang tahun berjalan Daihatsu mencatatkan penjualan ritel 143.217 unit atau meraih pangsa pasar 16,9%.

Menurut Supranoto, hasil di Astra Auto Fest 2019 bisa menjadi gambaran positif untuk penjualan Daihatsu pada tahun ini. Hal itu juga didukung perusahaan pembiayaan yang memberi kemudahan dan program istimewa yang mampu menarik konsumen. Saat ini, lanjutnya, 70% pembelian masih mengandalkan skema kredit.

Sebelumnya, Direktur PT Astra International Tbk Suparno Djasmin menyatakan, Astra Auto Fest 2019 didukung seluruh lini bisnis otomotif dan jasa keuangan Astra. Mereka saling sinergi atas beragam produk, promo, dan penawaran terbaik.

Dijelaskan, ada 19 kolaborator yang memeriahkan pameran itu seperti pada lini otomotif yaitu Auto2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, BMW Astra, Lexus Menteng Gallery, Astra Peugeot, Astra UD Trucks, dan Astra Motor.

Lalu, untuk pembiayaan didukung ACC, TAF, dan FIF Group. Kemudian ada perlindungan dari Asuransi Astra dan Astra Life serta layanan perbankan dari Permata Bank. Pengunjung juga bisa menukar mobil lamanya menjadi baru melalui Mobil88, Toyota Trust, dan BMW Astra Used Car.

Sumber : bisnis