Beberapa tahun terakhir kaum milenial menyita banyak perhatian. Bahkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia menyasar kaum milenial untuk mendongkrak penjualan sekaligus memperkuat image merek. Berbagai macam kegiatan yang cocok untuk kaum milenial dihadirkan.

“Tahun ini Daihatsu sebenarnya sudah menyasar kaum milenial. Di mana model-model yang kami hadirkan memiliki tagline sesuai karakteristik kaum milenial. Mulai dari Daihatsu Ayla punya tagline Sahabat Muda, sementara kami juga punya Sirion dengan tagline Sahabat Anak Muda. Tidak hanya itu, kami juga menggelar berbagai aktivitas lain seperti Daihatsu Urban Festival, Daihatsu Dress-Up Challenge (DDC), dan lainnya. Karena memang targetnya sekarang sudah menyasar kaum milenial agar mereka bisa lebih mendekat ke kami dan mereka tidak ragu lagi untuk mencoba produk-produk Daihatsu,” ungkap Corporate Planning and Communicatio Division Head PT ADM, Elvina Afny di Jakarta, Sabtu (23/11/2019) lalu.

Sementara itu Rudy Ardiman, Domestic Marketing Division Head PT ADM menambahkan kaum milenial merupakan salah satu calon konsumen potensial, di samping konsumen yang sudah berkeluarga.

“Sebetulnya kami tidak menghilangkan target konsumen yang sudah berkeluarga, tapi kami juga membidik kaum muda karena kaum muda ini adalah salah satu market yang paling besar yang nantinya akan menentukan seluruh konsumen tidak hanya untuk kendaraan tetapi juga untuk produk-produk yang lain. Kami mau komunikasikan bahwa produk Daihatsu bukan hanya untuk family tapi juga untuk anak muda juga oke,” tambah Rudy pada kesempatan yang sama.

Rudy melanjutkan saat ini salah satu produk Daihatsu yang diciptakan dan cocok bagi kaum muda adalah Daihatsu Ayla. Berdasarkan survey yang dilakukan Daihatsu secara internal, tercatat bahwa kaum muda yang membeli mobil perkotaan itu cukup banyak.

“Sebenarnya kami selalu mengadakan survey tiap tahun, nah untuk Daihatsu Ayla sendiri itu komposisi pembeli di kalangan di bawah umur 30 tahun itu sekira 30 persen,” terang Rudy.

Tidak Cuma dari Sisi Produk

Daihatsu tidak hanya menawarkan produk dan event saja, tapi juga desain booth pameran yang sesuai dengan karakter kaum muda. Sebut saja salah satunya desain booth Daihatsu di GIIAS 2019. Di booth tersebut Daihatsu memberikan berbagai hiasan serta warna khas anak muda. Sedangkan di event Daihatsu Urban Festival ada beragam kompetisi untuk memperebutkan satu unit Ayla.

“Jadi kami selalu berusaha untuk berkomunikasi dengan kalagan anak muda. Jadi di setiap kegiatan seperti Daihatsu Urban Festival kami menyediakan booth yang instagramable. Tidak hanya booth kami juga mengkomunikasikan program-program kami seperti Daihatsu Setia, Terios 7 Wonders, dan lain-lain,” tutup dia.

Sumber : carmudi