Di Jepang, terdapat mobil mungil dengan harga terjangkau yang dinamakan kei car. Dan Daihatsu merupakan salah satu pemainnya, bahkan dalam 13 tahun terakhir, pabrikan berlambang huruf ‘D’ itu menjadi pemimpin pasar di segmen kei car.

Meski ditawarkan dengan harga terjangkau, Daihatsu tetap menyematkan teknologi terkini pada lini produk kei car-nya. Salah satunya Smart Assist Plus pada Daihatsu Tanto.

Banyaknya fitur yang dimiliki Daihatsu Tanto, tentu saja dapat meringankan tugas pengemudi dan juga memberikan kenyamanan dan rasa aman yang lebih.

Dan menariknya, fitur-fitur tersebut kebanyakan diadopsi oleh mobil-mobil mewah, seperti Adaptive Cruise Control, Lane Keep Control, Smart Panorama Parking Assist.

Sekadar informasi, fitur Smart Assist milik Daihatsu terdiri dari beberapa fungsi, seperti Pre-Collision Warning, Pre-Collision Assist Brake, Lane Departure Alert, Lane Departure Assist, Auto-High Beam, Adaptive Drive Beam, Sign Recognition, Mis-pedal Operation Control, Front Departure Alert, dan Corner Censor.

Sedangkan Smart Assist Plus mendapat tambahan, berupa Adaptive Cruise Control, Lane Keep Control, Smart Panorama Parking Assist, Panorama Monitor, dan Side View Light.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengatakan, pihaknya tengah mempertimbangkan untuk menghadirkan fitur-fitur tersebut pada produk Daihatsu yang diniagakan di Indonesia. Lalu fitur apa saja yang bakal diadopsi?

“Mungkin tidak semua karena bisa bikin harganya jadi lebih mahal. Kalaupun semua dimasukin bisa mubazir. Kemahalan nanti, jadi yang cocok saja,” terangnya di Jepang belum lama ini.

Untuk Model Tertentu Saja

Menurutnya, fitur-fitur untuk mencegah tabrakan bisa menjadi pertimbangan.

“Yang Collision (Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Assist Brake) boleh lah. Mis-pedal (operation control) juga bagus karena banyak kasus-kasus (salah injak pedal) di Indonesia,” katanya.

Menyoal produk mana yang bakal mengaplikasi fitur baru ini, Amel menyatakan tidak semua model.

“Mobilnya juga akan kita pilih, kalau kita pilih kan enggak semua varian. Misalnya Sigra, varian yang paling atas saja karena kan ada ABS-nya. Jadi enggak semuanya ada. kalau misalnya Xenia juga enggak semua varian kita kasih. Jadi orang bisa pilih, punya duit meski bayar lebih tapi ada varian smart assist-nya,” tutup Amel.

Sumber : liputan6