Spekulasi tentang kehadiran Daihatsu Thor kembali menguak pasca mobil ini tertangkap kamera sedang melakukan uji coba di jalan tol Jakarta – Cikampek, Jumat, 4 Oktober 2019. Jika nantinya resmi mengaspal di Indonesia maka mobil ini akan bersaing dengan sejumlah mobil LCGC atau mobil bermesin 1.000 cc.

Adapun mobil-mobil yang akan berhadapan langsung dengan Daihatsu Thor antara lain, Suzuki Karimun Wagon R, Renault KWID dan Renault Triber. Sementara untuk mobil segmen LCGC lainnya, yang memiliki mesin di atas 1.000 cc ada Datsun GO, Datsun GO Plus, Honda Brio Satya, dan lain-lain.

Daihatsu Thor memiliki dimensi panjang 3.755 mm, lebar 1.670 mm, dan 1.735 mm. Mobil ini disematkan mesin 996 cc, tiga silinder dengan transmisi CVT. Mesin mampu menghasilkan 67 hp dan 90 Nm. Daihatsu Thor disebut cocok untuk bermanuver di jalan-jalan perkotaan. Selain itu mobil ini juga diklaim memiliki kabin yang luas dengan konfigurasi 5 penumpang.

Dengan spesifikasi itu, rasanya mobil ini layak disandingkan dengan Wagon R. Adapun dimensi Wagon R, panjang 3.635 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.670 mm. Untuk mesin, Wagon R dilengkapi mesin 998 cc tiga silinder dengan dua model transmisi yakni manual dan Auto Gear Shift (AGS). Mesin ini sanggup menyemburkan tenaga 67 hp dan torsi 90 Nm. Sama dengan Daihatsu Thor, Suzuki Wagon R juga memiliki 5 kursi penumpang.

Daihatsu Thor sendiri juga diprediksi akan dibanderol di bawah Rp 200 jutaan, sama dengan mobil LCGC lainnya. Ya, tentu hal itu tak lepas dari mesin yang tersemat pada mobil MPV ini. Kendati demikian, pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku APM Daihatsu di Indonesia belum memastikan apakah Thor dijual di Indonesia. Bahkan, Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra secara tegas menyebut bahwa Daihatsu Thor kurang memiliki peminat di Indonesia.

“Sekadar cek mesin 1.000 cc aja, bagaimana performannya di jalan Indonesia. Orang Indonesia tidak suka,” ujar Amel saat dihubungi Tempo, Jumat 4 September 2019.

Selain itu, kata Amel pengujian Thor bukan atas perintah dari prinsipal di Jepang. Melainkan dari tim Research dan Development ADM.
“Tim R&D ADM biasa melakukan test macam-macam. Hasil test 1.000 turbo lebih bagus dari 1.500 biasa,” ujarnya.

Daihatsu Thor sendiri pernah mejeng di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun 2017. Saat itu pihak ADM mengatakan tidak menutup kemungkinan akan menjual Daihatsu Thor di Indonesia jika ada peminatnya.

Sumber : tempo