Bila mobil kompak tak mampu mengakomodasi seluruh keluarga Anda, Daihatsu Taruna F-series hadir dengan kapasitas penumpang lebih dan bodi monokok menjadi daya tarik Taruna F-series.

Daihatsu Taruna ada 2 tipe, yakni C-series dan F-series,Untuk Taruna F-series Daihatsu menyasar konsumen keluarga saat menggelontorkan Taruna F-series.

Selain lebih panjang 25 cm ketimbang tipe C-series, taruna F merupakan pilihan bijak untuk kebutuhan transportasi keluarga. Apalagi versi sasis panjang ini memiliki sejumlah kelebihan berupa 2 pilihan mesin, fitur, serta kelengkapan memadai.

Dari fleksibilitas jok baris kedua yang bisa digeser maju mundur untuk kemudahan akses, dan pengaturan ruang kaki. Belum lagi sejumlah kompartemen penyimpanan yang menambah kepraktisan.


Kita flashback lagi, Daihatsu Taruna pertama kali diperkenalkan tahun 1999 kemudian tahun 2001 PT Astra Daihatsu Motor menggelontorkan taruna F-series untuk melengkapi C-series yang sebelumnya sudah hadir.

dengan dimensi bodi lebih panjang 250 mm, taruna F-series mampu menampung 7 orang lebih lapang.

Bukan hanya mengandalkan mesin 1.600 cc karburator, Daihatsu kemudian merilis varian bermesin 1.500 cc EFi sebagai langkah meminimalkan pajak kendaraan. Mesin berkode HE-E ini mampu memuntahkan tenaga 86 dk/6.000 rpm.

 

Kelengkapan fitur menjadi pembeda antar-varian Taruna FL, FL Plus, FX dan FGX. Awalnya varian FL tak dilengkapi power window, foglamp dan AC standar.

2002-2003

Memasuki tahun 2002 sampai 2003, atau setahun berselang, kembali PT Astra Daihatsu Motor melengkapi jajaran F-Series dengan merilis taruna FGZ yang memiliki fitur lebih lengkap.

Selain tambahan spion lipat elektrik, varian ini memiliki ciri bodi two tone dengan pilihan warna hanya biru dan silver.

2004

Berlanjut ke tahun 2004, Emblem Oxxy mulai disematkan pada taruna sebagai langkah penyegaran. taruna oxxy hanya menggunakan satu pilihan mesin 1.500 cc EFI.

Perubahan tampilan luar Daihatsu Taruna Oxxy cukup signifikan, tampak depan, bumper guard dengan gril krom berpadu apik dengan headlamp plus foglamp yang mengisyaratkan karakter gagah.

Sementara buritannya kini dilengkapi spare wheel cover modis dan rear spoiler plus lampu kombinasi baru. AC double blower hadir sebagai standar di varian FGX dan FX serta pelek alloy 16 inci di tipe termewah.

Sumber : otoseken