Daihatsu enggan berkomentar mengenai kemungkinan konsep MPV hybrid murah Daihatsu HYFun nantinya akan berbagi logo

dengan Toyota saat diproduksi massal.

“Komentar Daihatsu tunggu dulu ya peraturan Kemenperin-nya. Belum bisa jawab,” kata Amelia Tjandra, Direktur Marketing Astra

Daihatsu Motor (ADM), kepada Kompas.com, Senin (19/8/2019).

Kendati masih berstatus mobil konsep, tapi kehadirannya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu

mengundang banyak perhatian. Khususnya masa depan mobil hibrida.

President of Daihatsu Motor Co Ltd Soichiro Okudaira (kedua dari kiri) meluncurkan konsep Daihatsu Hyfun, MPV hybrid murah, berstatus world premiere di GIIAS 2019.

 

Karena secara tidak langsung, mobil yang mengusung dua mesin ini menunjukkan bila teknologi hibrida juga bisa diadopsi pada mobil sejenis MPV, bukan hanya sedan atau SUV saja.

Sebelumnya, Amelia, mengatakan, mobil konsep Daihatsu HYFun merupakan hasil rancang dari Daihatsu tanpa campur tangan Toyota.

Dia berharap bila mobil itu bisa mendapat respon positif.

“Kita akan lihat nanti bagaimana respons dari masyarakat setelah dipamerkan, untuk diproduksi atau tidak belum bisa bicara karena harus menunggu hasil survei dan lain sebagainya,” katanya beberapa waktu lalu.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM) pun mengatakan, tidak berani berspekulasi apakah Toyota akan punya mobil sejenis yang berbagi platfrom dari Daihatsu HyFun.

“Saat bertanya ke Amel itu mobil konsep. Jadi kita tidak mau berasumsi, kita tunggu dari prinsipal, kira-kira layer mana, produk apa, mesin dan akomodasi seperti apa yang kira-kira cocok untuk Indonesia,” kata Anton.

Sumber : kompas