PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengalami penurunan kuantitas penjualan

sepanjang 7 bulan pertama tahun 2019.

Meski angka penjualannya turun dibanding periode yang sama di tahun lalu, secara

nasional kontribusi penjualan ADM justru mengalami kenaikan.

“Di tengah lesunya pasar mobil Indonesia yang turun 11,1%, kami bersyukur Daihatsu

turun hanya 9,6%, sehingga secara market share Daihatsu naik sebesar 0,3% menjadi

17,2%,” kata Marketing Director ADM, Amelia Tjandra, dalam keterangan resminya

kepada detikcom, Kamis (15/8/2019).

Secara rinci, pangsa pasar Daihatsu di level nasional mengalami kenaikan, dan

berkontribusi sebesar 17,2% untuk retail sales, dan sebesar 17,5% untuk whole sales.

Bicara angka, tercatat pada periode Januari – Juli 2019, total angka retail sales

Daihatsu mencapai 100.831 unit, dan wholesales sebesar 100.036 unit.

 

Terkait pasar otomotif secara nasional, penjualan retail sales hingga Juli 2019

mencapai lebih dari 587 ribu unit atau turun sekitar 11% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Tidak berbeda, untuk wholesales nasional berada di angka lebih dari 570 ribu unit,

turun sekitar 13,7% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Bicara model Daihatsu paling laris, retail sales masih didominasi Sigra dengan

torehan 29.923 unit (30%), diikuti oleh Gran Max (PU) 19.658 unit (19%), dan Xenia 14.102 unit (14%).

Untuk penjualan Ayla, dan Terios berada di kisaran angka lebih dari 12 ribu unit dengan kontribusi sekitar 12-14%.

Sumber : detik