Malaysia mengumumkan proyek mobil nasional baru yang akan mereka buat, bekerjasama dengan Daihatsu. Mobil ini disebut-sebut akan menggunakan teknologi hybrid, dan diluncurkan pertama kali pada Maret 2021 sebagai model massal.

Melansir laman Pandu Laju, proyek mobnas baru Malaysia ini disebut New National Car (NNC). Proyek ini, digagas Menteri Perdagangan dan Industri Malaysia Darell Leiking. Ada tiga institusi yang dilibatkan, yakni DreamEDGE, Daihatsu Motor, dan Institut Automotif, Robotik dan IoT Malaysia.

Kolaborasi antara DreamEDGE dan Daihatsu Motor, nantinya akan membentuk sebuah perusahaan baru. Daihatsu punya peran mentransfer teknologi kendaraan listrik. Sementara soal pendanaan, kabarnya akan melibatkan beberapa perusahaan swasta untuk investasi.

Chief Executive Officer DreamEDGE, Khairil Adri Adnan, menyebut mobil hybrid pertama yang akan diproduksi merupakan sedan segmen-c. Mobil ini, sepenuhnya diproduksi di Malaysia dengan desain baru dan interior modern berteknologikan komputer.

DreamEDGE sendiri merupakan sebuah perusahaan teknologi multinasional yang didirikan sejak 2007. Perusahaan yang berbasis di Cyberjaya, Bukit Jalil, Malaysia itu memiliki sekitar 150 karyawan. Perusahaan ini dipercaya menjadi konsultan, selain itu juga menerima pembuatan prototipe, robotik, dan produk digital lainnya.

“DreamEDGE kami pilih karena mereka punya rekor dan prestasi dalam pembangunan teknologi,” ujar Darell.

Sumber : detik