Pameran Indonesia International Motor Show 2019 diramaikan oleh belasan merek kendaraan bermotor roda empat. Salah satunya, pabrikan asal Jepang, Daihatsu

Meski tak meluncurkan model baru, sejumlah produk andalan mereka dihadirkan, seperti Sigra, Terios, Ayla, Sirion hingga Gran Max. Tak hanya itu, berbagai promo juga mereka gelar.

Salah satunya, uang muka (down payment/DP) rendah. Untuk pembelian Gran Max, DP Rp11 jutaan, Terios Rp30 jutaan, dan Xenia Rp17 jutaan. Selain itu, ada harga spesial untuk guru, dosen, dan pegawai negeri sipil.

Tujuan promo dan diskon tersebut, yakni untuk mendongkrak penjualan. Namun, dibandingkan dengan tahun lalu dalam pameran yang sama, terjadi penurunan angka penjualan. Seperti yang disampaikan Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra.

“Jualan selama IIMS (25 April sampai 5 Mei) hanya 399 unit, turun dari tahun lalu 30 persen. Tahun lalu 568 unit,” ujarnya kepada VIVA, Rabu 8 Mei 2019.

Perempuan yang akrab disapa Amel itu menyebut, model terlaris atau yang mengantongi surat pemesanan kendaraan terbanyak adalah Sigra, yakni 154 unit. Lalu, disusul Terios 81 unit, Ayla 54 unit, Xenia 46 unit, dan sisanya Gran Max, Sirion, serta Luxio.

Sumber : viva