Berikut beberapa  mobil  Daihatsu dengan konsep terbaik :

1. 2009 Daihatsu Basket


The fun-loving Daihatsu Basket adalah sebuat mobil dengan 4 seater, dengan gaya nostalgia Mini Moke dan Citroen Mehari, melayani

tugas ganda sebagai truk pick-up ‘jeep’ dan konvertibel. Daihatsu menyebut Keranjang sebagai ‘slow-life vehicle’ dengan desain

minimal dan berbentuk kotak, dan itu didukung oleh mesin tiga silinder 659cc, membuatnya sangat efisien. Atapnya terdiri dari dua

bagian, dengan bagian fiberglass yang dapat dilepas di bagian depan dan bagian atas kanvas di bagian belakang. Interior minimalis

sederhana, dengan dasbor berlapis kain dan panel lantai terbuka. Keranjang juga memiliki penggerak empat roda, membuatnya

mampu mengatasi medan yang kasar saat menuju pantai.

 

2. 2004 Daihatsu D-Bone


D-Bone adalah mobil sport minimalis, ditenagai oleh mesin 659 cc tiga silinder turbocharged, menghasilkan 63bhp dan mampu

mencapai 94mpg dalam dua kursi yang sangat ringan, dilucuti hingga ke hal-hal mendasar. Dilengkapi dengan all-wheel-drive, ‘D’

dalam nama Daihatsu berarti ‘Dinamis,’ sementara ‘Bone’ dimaksudkan untuk menggarisbawahi fakta bahwa konsep tersebut tidak

memiliki banyak bodywork yang ditemukan pada mobil sport konvensional, dengan interior tahan cuaca, karena kurangnya atap dan

pintu. D-Bone berutang banyak pada prototipe Matra M72 2000-back-to-basics sebelumnya.

 

3. 2003 Daihatsu UFE-II


Pertama kali diperlihatkan di Tokyo Show 2003, UFE-II (Ultra Fuel Economy, generasi kedua) adalah konsep mini-hybrid Daihatsu

yang merupakan tindak lanjut dari prototipe UFE 2001 asli (dengan konsep UFE-III yang lebih besar pada 2005). UFE-II adalah

hibrida empat tempat duduk dengan mesin plus dua sistem motor untuk mencapai penghematan bahan bakar yang luar biasa,

dibantu oleh bahan aluminium dan resin yang sangat ringan dengan berat hanya 570kg, dengan profil penurunan air mata

aerodinamis yang sangat rendah, memberikan hambatan koefisien 0,19Cd. UFE-II menggunakan mesin bensin injeksi langsung

Atkinson 660cc yang baru dikembangkan dengan dua motor dan baterai hidrida nikel-logam.

 

4. 2001 Daihatsu U4B


U4B (Urban 4×4 Buggy) memanfaatkan tren masa kini untuk model produksi retro-nostalgia baru seperti Mini R50 ‘BMW’ dan

Volkswagen’s New Beetle. All-wheel-drive, 654 cc U4B turbocharged diciptakan untuk mengatasi ‘semua situasi dalam kehidupan’

dengan bentuk bulat kompak untuk penggunaan kota, serta interior mewah berkualitas tinggi.

 

5. 1997 Daihatsu Naked X070


Konsep X070 Naked yang dinamai – dan ditata – gaya, yang pertama kali diungkapkan di Tokyo Show 1997, adalah penghormatan

kepada mobil keluarga anggaran utilitarian sebelumnya yang dikarakteristikkan oleh Prancis; Citroen 2CV dan Dyane, ditambah R4

terlaris Renault. Naked memiliki struktur dan tekstur lembaran logam tanpa hiasan, memungkinkan pelanggan untuk memilih warna

dan detail model. Naked yang lincah dan ringan dengan penggerak roda depan menonjolkan pilar-pilar keselamatan yang diperkuat,

dengan engsel pintu yang terbuka (seperti Mini dan Fiat Panda asli yang asli) ditambah interior sederhana dan minimalis untuk

menyenangkan para puritan. Reaksi Jepang lokal terhadap Naked 1997 begitu kuat sehingga Daihatsu dibujuk untuk menempatkan

model itu dalam produksi terbatas untuk pasar domestik hanya pada tahun 1999.

 

6. 1995 Daihatsu Midget III


Tampak seperti mobil yang disukai anak berusia lima tahun, dengan lampu bundar raksasanya yang bertengger di atas pelindung

lumpur depan yang kuno, konsep Midget III tahun 1995 yang menawan adalah yang ketiga dari serangkaian model Daihatsu Midget

yang populer, pertama kali terlihat di awal 1950-an (versi prototipe ini menjadi varian turunan mobil penumpang pertama). Midget

III memiliki posisi kemudi sentral dengan ruang untuk dua penumpang duduk di belakang dalam tubuh, panjang sembilan kaki

berbentuk telur.

 

7. 1991 Daihatsu X-021


Jika Daihatsu seharusnya memproduksi salah satu dari beragam mobil konsepnya, X-021 – pertama kali terlihat pada IAA Frankfurt

Motor Show 1991 – adalah satu-satunya. Desain roadster sport dua kursi X-021 yang menarik ini memiliki kemiripan dengan Mazda

MX-5, tetapi dengan lekuknya yang lebih kencang dan berotot. Lebih kecil dari MX-5, tetapi dengan rasio power-to-weight yang lebih

baik, overhang X-021 sangat minim, dengan lampu depan dipasang di belakang bezel kaca oval untuk menyarankan ‘Jaguar E-Type’,

daripada lampu pop-up dari Mazda. Lampu depan juga dipasang tepat di ujung sayap depan yang, dari tampilan tiga perempat depan,

juga memperkuat kesan bayi E-Type. X-021 adalah benda cantik yang seharusnya diproduksi, dan tetap menjadi peluang besar

Daihatsu.

Sumber : goodwood