Daihatsu Indonesia kembali menempel pameran modifikasi mobil Indonesia Automodified (IAM) MBtech 2019 yang berlangsung di 14 kota di Indonesia, mulai Maret. Ini kali ke-6 Daihatsu Indonesia mendukung IAM sejak 2014 silam.

Imbalannya, pada seluruh seri penyelenggaraan IAM MBtech tahun ini kembali digelar secara bersamaan kompetisi satu merek; Daihatsu Dress-up Challenge (DDC). Kompetisi ini merupakan perkembangan dari kompetisi Daihatsu Sirion Dress-up Challenge (SDC) yang diselenggarakan sejak 2014 hingga 2016. Namun, sejak 2017 kompetisi DDC terbuka untuk semua mobil Daihatsu yang dikeluarkan oleh Astra Daihatsu Motor, alias tidak dibatasi jenis dan tahun pembuatannya.

Pada setiap seri penyelenggaraan DDC 2019, dipilih masing-masing dua mobil modifikasi terbaik dari tiap model Daihatsu yang masih dijual saat ini. Sebut saja Sirion, Ayla, Xenia, Sigra, Gran Max/Luxio, dan Terios. Serta kelas FFA untuk model Daihatsu lain yang sudah tidak dijual secara resmi, tapi pernah diedarkan oleh Daihatsu Indonesia. Total hadiahnya lebih dari Rp 100 juta hingga grand final di Jakarta pada akhir November.

Hari Wicaksono, Marketing Promotion Manager PT Astra Daihatsu Motor, menjelaskan tahun ini merupakan tahun ke-6 Daihatsu mensponsori IAM MBtech. Salah satu tujuannya, menggaet kaum muda untuk lebih tertarik dan mengetahui merek Daihatsu.

Dengan lebih dekat ke konsumen anak muda, lanjut dia, harapannya ada gambaran bahwa mobil Daihatsu juga bisa dimodifikasi sesuai selera pemiliknya atau anak muda di Indonesia. Maka itu, meski sudah 6 tahun berjalan, dampaknnya tidak bisa langsung. Sehingga mendukung pameran seperti IAM tetap perlu dilanjutkan di masa mendarang. Bersama event-event lain demi lebih dekat ke anak muda.

“Jika dilihat, memang dampaknya tidak bisa langsung. Ini sudah masuk tahun keenam, kalau dilihat dari jumlah peserta memang meningkat. Namun untuk merek, rasanya masih perlu dilanjutkan lagi, sehingga selain event ini, rasanya perlu ada event-event lain untuk eksistensi yang lebih fokus ke anak muda sehingga lebih kelihatan lagi dampaknya pada merek,” ucap Hari.

Saat pertama kali mendukung pameran ini, peserta mobil Daihatsu hanya 50 unit. Namun pada 2018 lalu, jumlah mobil peserta Daihatsu sudah naik mencapai 600 unit di seluruh kota penyelenggaraan.

Sumber : merdeka