KEHADIRAN Grand New Xenia dengan varian baru 1.500 cc awal Januari lalu menyedot perhatian publik di Tanah Air. Mobil serba guna (multi purpose vehicle/MPV) legendaris dari Daihatsu itu memang sudah diakui keandalannya.

SELAMA 15 tahun mengaspal di pelosok negeri, Xenia dinilai sangat mumpuni. Mayoritas penggunanya mengakui hal itu. Padahal, mesin yang disematkan saat itu 1.000 cc dan 1.300 cc. Tahun lalu, Xenia sudah meninggalkan varian 1.000 cc. Kini, Xenia hadir dengan tetap mengusung 1.300 cc dan menambah varian baru dengan mesin yang lebih besar, 2NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.500 cc.

“Kami sebut big minor change, karena ada varian baru Xenia mesin 1.500 cc. Kegiatan test drive ini supaya para jurnalis bisa menjelaskan ke konsumen Xenia mengenai performa 1.500 cc. Sebab, ada keinginan konsumen Daihatsu untuk MPV dengan tenaga yang lebih besar,” tutur Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso saat melepas kegiatan Test Drive Grand New Xenia di Jakarta, Rabu (6/2).

Pada sisi audio, Grand New Xenia menawarkan 2-DIN touchscreen audio di semua varian. Pada beberapa varian, audio sudah didukung teknologi konektivitas yang dapat menghubungkan audio dengan smartphone penghuni kabin.

“Beda sekali dengan yang sebelumnya, kini kabin tidak lagi bising,” kata Wahyu S, salah satu jurnalis yang menjajal Grand New Xenia 1.500 cc tipe R Deluxe transmisi manual (M/T). Selain soal kenyamanan di dalam kabin, Wahyu juga menyoroti soal setir kemudi yang ringan tetapi terasa kokoh di genggaman. Hal itu memudahkannya untuk bermanuver.

Menurut Wira, salah seorang jurnalis lainnya mengatakan, mesin 1.500 cc Xenia yang memiliki tenaga maksimum 104×6000 PS/RPM dengan kekuatan torsi maksimum 13,9/4.200 kg.m/RPM bisa diacungi jempol. Makanya, tidak diragukan untuk dibawa menanjak, hingga tanjakan lumayan ekstrem sekalipun di kawasan Geopark Ciletuh.

Animo konsumen terhadap Grand New Xenia begitu tinggi, terutama untuk varian terbaru 1.500 cc. Buktinya, dari target awal manajemen bahwa varian terbaru ini hanya terjual 10 persen dari total jualan Xenia, ternyata target itu terlampaui.

Sumber : tribunnews