Belum lama ini Daihatsu memamerkan sebuah mobil konsep di ajang Kuala Lumpur International Motor Show (KLIMS18). Mobil itu diboyong Perodua, pabrikan mobil terbesar kedua di Malaysia yang memproduksi mobil Daihatsu di sana. Mobil tersebut diberi nama X-Concept.

Meski wujudnya kental dengan nuansa crossover kompak, tetapi banyak pihak, baik publik hingga media setempat percaya kalau X-Concept adalah calon kuat Axia generasi terbaru yang kini sudah memasuki tahun kelima penjualan. Axia adalah nama lain dari Daihatsu Ayla di Malaysia.

Walau begitu Perodua masih tetap bungkam. Mereka tak mengamini dan menolak jika mobil tersebut adalah Axia generasi terbaru. Demikian seperti dilansir Paultan, Rabu 30 Januari 2019.

Usai ramai diberitakan jika X-Concept adalah generasi baru Axia, gambar rekaan digital kemudian muncul di jagat maya, menggambarkan akan seperti apa X-Concept jika masuk dalam dapur produksi.

Dari render yang beredar, Axia atau Ayla terbaru akan mempertahankan bentuk konsep, meski mendapat sejumlah revisi. Pada fascia depan, gril bagian atas dan lower intake tak lagi memiliki motif X, dan mengadopsi tampilan yang lebih konvensional.

Desain ini lebih mirip dengan sentuhan Perodua yang dilakukan terhadap Aruz, nama lain dari Daihatsu Terios di Malaysia.

Sekadar diketahui X-Concept memiliki panjang 3.750 milimeter, lebar 1.665 mm, sedangkan wheelbase 2.460 mm. Bandingkan dengan Axia yang memiliki panjang 3.640 mm, lebar 1.620 mm dan wheelbase 2.455 mm, sementara Myvi (Daihatsu New Sirion) memiliki panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm, wheelbase 2.500 mm.

Sumber : viva