Daihatsu memastikan akan terus mendukung cabang olahraga bulutangkis di Indonesia. Termasuk melanjutkan sebagai sponsor utama kejuaraan Daihatsu Indonesia Masters dalam beberapa tahun ke depan.

Hal itu disampaikan Executive Vice President of Daihatsu Motor Company Ltd Hiromasa Hoshika di sela-sela kejuaraan Daihatsu Indonesia Masters 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/1/019).

Ia didampingi Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Tetsuo Miura, Direktur Marketing PT ADM Amelia Tjandra, dan jajaran manajemen Daihatsu lainnya.

“Kami berkontribusi menjadi sponsor utama pada turnamen bulutangkis kelas dunia (BWF) ini untuk membuat sinergi antara Daihatsu dan olahraga bulutangkis dalam menciptakan hubungan yang lebih sehat dan lebih baik untuk masyarakat. Ini sejalan dengan slogan global Daihatsu yakni Light You Up,” tutur Hoshika.

Ia menambahkan, bulutangkis merupakan olahraga yang sangat populer di berbagai negara di Asia seperti Tiongkok, Malaysia, Indonesia, dan Singapura. Hingga saat ini, Daihatsu telah menyelenggarakan olahraga tingkat nasional di Indonesia dan Malaysia, di mana dua negara ini memiliki ikatan kuat antara Daihatsu dan masyarakat setempat.

“Daihatsu mendukung olahraga bulutangkis di negara-negara ini agar lebih berkontribusi kepada negara dan masyarakat setempat,” tambahnya.

Tahun ini merupakan kedua kalinya Daihatsu mensponsori Indonesia Masters. Selain Indonesia Masters, Daihatsu juga mendukung turnamen Astec Open yang menjaring pemain-pemain pemula. Hoshika mengakui, dukungan Daihatsu itu membuat citra Daihatsu semakin baik di masyarakat.

Menurut dia, dalam melakukan setiap aktivitas bisnisnya di berbagai tempat, termasuk di Indonesia, Daihatsu akan terus mendekatkan diri kepada masyarakat. Baik dalam aktivitas seperti dukungan ke olahraga atau aktivitas bisnis penjualan. Makanya, ia tidak menampik jika hal itu juga membuat penjualan Daihatsu bagus di Indonesia.

“Ini memiliki korelasi yang erat,” tambah Hoshika.

Hal senada dikatakan Tetsuo Miura. Menurut dia, sebagai salah satu pemain otomotif utama di Indonesia, Daihatsu ingin kehadirannya bukan hanya sekadar berbisnis, tetapi juga berkontribusi positif dan menjadi sahabat bangsa Indonesia, sesuai tagline “Daihatsu Sahabatku”.

“Kami berharap ajang Daihatsu Indonesia Masters 2019 ini dapat menjadi ajang bergengsi sekaligus ujicoba pemain-pemain bulutangkis terbaik Indonesia sebelum menghadapi Olimpiade 2020,” ujar Miura.

Ia menjelaskan, selain kegiatan itu, Daihatsu juga konsisten dalam menyelenggarakan turnamen Daihatsu Astec Open yang merupakan wadah bagi para pemain muda berbakat untuk berkiprah di cabang bulutangkis Indonesia selama tiga tahun terakhir sejak 2016.
Pihaknya juga menjalin kerja sama dengan meresmikan klub bulutangkis Daihatsu Candra wijaya International Badminton Center di Tangerang untuk mengembangkan atlet bulutangkis sejak usia dini.

Komitmen

Miura mengatakan, Daihatsu ke depannya tetap berkomitmen mendukung pengembangan talenta-talenta muda Indonesia untuk bisa berprestasi di ajang olahraga tingkat internasional. Karena itu, Daihatsu akan tetap memberikan sponsorship untuk kejuaraan bulu tangkis Indonesia Masters.

Sebab, ajang itu bisa menjadi kesempatan bagi para talenta muda berbakat Indonesia untuk menunjukkan prestasi mereka hingga level internasional.

“Ini juga bagian dari upaya Daihatsu lebih dekat dengan masyarakat Indonesia,” tutur dia

Di sisi lain, kegiatan seperti itu juga sejalan dengan komitmen Daihatsu global untuk memberikan masa depan yang lebih cerah bagi generasi muda.

Dia mengatakan, Daihatsu memilih kejuaraan bulutangkis Indonesia Masters karena selain banyak peminatnya, Daihatsu juga cukup dominan di Indonesia. Selain Indonesia, Daihatsu juga mensponsori kejuraan serupa di Malaysia dan Jepang.

Amelia Tjandra menambahkan, tiga negara itu sengaja dipilih karena memang di tiga negara tersebut pencinta bulu tangkisnya sangat besar dan penjualan produk Daihatsu juga cukup dominan di sana.

Kejuaraan bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters digelar bekerja sama dengan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Kejuaraan yang diikuti pebulutangkis unggulan Indonesia dan sejumlah negara itu memperebutkan total hadiah 350.000 dollar AS.

Sebelumnya Ketua Umum PBSI Wiranto mengatakan, Daihatsu Indonesia Masters 2019 merupakan tahun kedua PBSI bekerja sama dengan Daihatsu untuk Indonesia Masters.

Mantan Panglima TNI ini menjelaskan, saat ini Daihatsu menjadi mitra utama PBSI. Menurut dia, PBSI tidak dapat menerapkan perannya dengan baik tanpa bantuan sponsor, seperti Daihatsu.

“Saya berharap kerja sama ini akan terus dilakukan dengan kebersamaan sehingga perbulutangkisan Indonesia tetap dipertahankan kejayaannya di kalangan dunia,” tambah dia.

Sumber : tribunnews.com/otomotif