Daihatsu identik dengan mobil-mobil berukuran mungil. Itu karena kebanyakan mobil yang diproduksi Daihatsu adalah jenis Kei Car. Kei Car sendiri memang diminati oleh masyarakat Jepang karena ukuran mungil sehingga tak perlu lahan parkir yang luas.

Tapi jangan salah, buat Otolovers yang belum tahu, Daihatsu juga punya lho mobil balap dengan pintu gullwing mirip mobil mewah. Mobil tersebut adalah P-5.

Daihatsu P-5 sebenarnya bukanlah mobil baru. Daihatsu seolah nostalgia dengan menghadirkan P-5 di lantai Tokyo Auto Salon 2019. P-5 merupakan mobil balap Daihatsu yang dibangun tahun 1967. P-5 merupakan versi terbaru P-3 namun dibekali mesin berkapasitas lebih besar yakni 1.300cc. Mesin tersebut dipasang di bagian belakang mobil.

Dengan bobot seberat 510 kg, P-5 memiliki tenaga setara 140 daya kuda. Sebelum disapa P-5, Daihatsu mengenalkannya dengan nama P-5X dan langsung mejeng di Tokyo Motor Show Oktober 1967.

Pada tahun yang sama pula, P-5 mengikuti ajang balap Japanese Grand Prix. Kemudian setahun setelahnya, Daihatsu P-5 menjadi juara di Japan Grand Prix.

Sejak Toyota membeli Daihatsu pada tahun 1969, P-5 tak lagi terlihat berseliweran. P-5 bisa hadir di Tokyo Auto Salon 2019 berkat kerja keras para veteran berkolaborasi dengan pekerja baru di kantor Daihatsu.

Sumber : oto.detik.com