AKHIR tahun merupakan salah satu momen berlibur bersama keluarga atau sahabat, untuk melakukan perjalan jauh atau sekadar mengunjungi kerabat terdekat.
Berkendara dengan mobil memang masih menjadi salah satu pilihan bagi sebagian orang sebagai sarana transportasi menuju tempat tujuan.

Berikut beberapa tips berkendara dengan aman seperti ditulis Antara:

1. Rencanakan rute perjalanan

Dengan merencanakan rute, Anda dapat menghindari jalur yang macet atau tidak bisa dilalui akibat tergenang air. Cara ini juga membuat Anda tidak tersesat di jalan.

Jika Anda melakukan perjalanan bersama keluarga, manfaatkan fitur peta digital google atau waze.

2. Selalu pakai sabuk pengaman

Kenakan sabuk pengaman Anda setiap saat, terlepas dari apakah berpergian antarkota atau di dalam kota.

Bahkan Anda harus tetap mengenakan sabuk pengaman kendati hanya melakukan perjalanan jarak dekat demi terjaganya keselamatan Anda.

3. Kursi untuk anak

Gunakan kursi keselamatan anak (car seat) untuk bayi dan anak kecil. Menempatkan anak di pangkuan atau memakaikan sabuk pengaman orang dewasa kepada anak-anak dapat membahayakan jiwa karena bisa terlepas saat terjadi rem mendadak.

4. Lampu

Gunakan lampu kendaraan pada saat yang tepat. Selalu gunakan lampu sein ketika akan berbelok dan jangan menyalakan lampu sorot tinggi kecuali diperlukan.

Gunakan lampu hazard hanya pada kondisi darurat dan hindari penggunaan yang bukan pada tempatnya (nyalakan lampu besar pada saat hujan atau di dalam terowongan, bukan lampu hazard).

5. Bugar

Pastikan Anda berkendara dalam kondisi fit, serta memiliki istrirahat yang cukup atau tidur terlebih dahulu. Berhentilah setiap 2 jam untuk beristirahat dan lakukan senam ringan.

Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), risiko kecelakaan dari berkendara saat mengantuk dinilai setara dengan risiko yang dihadapi pengendara saat mabuk akibat alkohol.

6. Siaga

Selalu siaga dalam menghadapi kejadian tidak terduga. Berhati-hati terhadap mobil yang diparkir di sepanjang sisi jalan atau sepeda motor dan pejalan kaki yang tiba-tiba bergerak ke arah jalan raya.

7. Kenali Cuaca

Waspadai cuaca, terutama di bulan Desember dengan potensi curah hujan yang semakin tinggi. Tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan hujan seperti banjir, tanah longsor, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

8. Batasi kecepatan

Amati batas kecepatan, berikan waktu yang cukup untuk sampai ke tujuan Anda dengan tepat. Berkendaralah dengan kecepatan yang normal dan hindari menyalip saat melintasi jalur untuk melewati kendaraan lain dalam perjalanan.

9. Perlengkapan darurat

Bawa perlengkapan-perlengkapan untuk kondisi darurat , seperti kotak P3K, dongkrak, ban cadangan, lampu cadangan, senter, kunci-kunci atau tool kit lainnya sebagai tindakan antisipasi selama perjalanan.

10. Hiburan hingga makanan ringan

Perjalanan saat libur panjang sangat menguras tenaga dan emosi karena kemacetan lalu lintas dan memakan waktu hingga berjam-jam.

Pastikan perjalanan Anda tetap terhibur dengan games atau musik. Sediakan juga makanan ringan dan minuman yang cukup agar penumpang tak kelaparan, serta dehidrasi dalam perjalanan.

Sumber : galamedianews.otomotif