Informasi yang lagi menjadi perbincangan masyarakat, terutama pengguna mobil, yakni soal bahan bakar minyak (BBM) untuk mobil bermesin Euro IV.

Pasalnya, punya Pertamina baru Pertamax Turbo, jenis lain masih sesuai dengan Euro II. Lantas, bagaimana jika mobil Daihatsu yang sudah mengusung teknologi Euro IV, tetap mengkonsumsi BBM untuk Euro II?

Anjar Rosjadi, Techncal Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan, sehubungan dengan penggunaan BBM di bawah spesifikasi Euro IV, pada dasarnya tidak bermasalah.

“Hanya saja untuk mendapatkan performa yang optimal dari kendaraan terkait dengan regulasi itu, tentunya diperlukan penggunaan BBM yang juga sesuai dengan Euro IV,” kata Anjar kepada Kompas.com, Senin (29/10/2018).

Anjar melanjutkan, menurut dia pemahaman terkait Euro IV, sebenarnya bukan pada Research Octane Number/RON, tetapi lebih kepada kandungan sulfur.

“Jadi kalau pakai BBM yang tidak sesuai, lebih kepada emisinya saja. Artinya menjadi tidak optimal secara kandungan emisi yang dikeluarkan,” ujar Anjar.

Perlu diketahui bahwa berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2017 tentang baku mutu emisi gas buang kendaraan, cetus api (bensin) dengan parameter: RON minimal 91, kandungan timbal (Pb) minimum tidak terdeteksi dan kandungan sulfur maksimal 50 ppm.

Sumber : otomotif.kompas.com