[vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_column_text]

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek Daihatsu di Indonesia hari ini, Kamis, 10 November 2016, meluncurkan varian baru mobil pick up, Daihatsu Hi-Max, di ITC Cempaka Mas, Jakarta. Peluncuran dilakukan oleh Senior Executive Director ADM, Tsuneo Itagaki, bersama Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Supranoto Tirtodidjojo.

Hi-Max memiliki tiga keunggulan utama, yakni :

  1. Body kompak dengan kemampuan manuver yang baik di jalan yang sempit,
    (compact body size & good maneuverability in the narrow street),
  2. Mampu membawa beban yang cukup (sufficient loading capacity),
  3. Harga terjangkau & irit bahan bakar (affordable & good fuel efficiency).

Eksterior Daihatsu Hi-Max memiliki dimensi kompak, membuatnya lincah bermanuver di jalanan sempit. Interior Daihatsu Hi-Max memiliki desain yang fungsional.
Daihatsu Hi-Max memiliki performa mesin yang bertenaga dan efisien, karena menggunakan mesin berteknologi 1.000 KR-DE DOHC, dan konsumsi BBM yang irit. Hi-Max hadir dengan dua tipe varian, yaitu Standard (Standard specification, 1 Way Deck, Audio 1 DIN/MP3) dan Standard (AC & PS) yang dilengkapi dengan Air Conditioner, Electric Power Steering, dan Sliding Driving Seat. Daihatsu Hi-Max tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Icy White dan Ultra Black.

Sebagai Sahabat Usaha, Daihatsu Hi-Max memberikan alternatif pilihan akan kebutuhan mobil pick up yang lincah bergerak di jalan sempit perkotaan. “Daihatsu Hi-Max hadir untuk mendukung sektor usaha sesuai harapan pemerintah agar industri otomotif menyediakan kendaraan yang mampu bermanuver di jalanan sempit perkotaan.” ujar Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Supranoto Tirtodidjojo.

Berdasarkan riset pasar yang kami lakukan, saat ini banyak pengguna Pick Up mengendarai kendaraannyabukan hanya di jalan besar saja, namun juga masuk ke jalan-jalan sempit di perkotaan. Rata-rata beban yang diangkut mayoritas di bawah 800 kilogram (sebanyak 56%). Kami melihat banyak perusahaan mengembangkan usahanya hingga menjangkau pelanggan mereka yang berada di jalan-jalan sempit perkotaan. Untuk itu, dibutuhkan Pick Up yang lebih efisien dan lincah bermanuver di jalan sempit tersebut.itulah yang melatarbelakangi daihatsu meluncuran produk New PU Hi-Max.
Tujuan pengembangan dari produk ini adalah Memberikan alternative pilihan kepada masyarakat/pelaku usaha yang membutuhkan Pick Up yang lebih leluasa bermanuver di jalan sempit, dengan body yang lebih kompak, irit bahan bakar, kapasitas angkut memadai dengan harga yang lebih terjangkau. Hi-Max diambil dari bahasa Inggris “High Efficiency for Maximum Utilization”. Yang berarti Hi-Max merupakan produk yang efisien namun dapat dimanfaatkan secara maksimal dikelasnya untuk keperluan bisnis Anda. Kami mulai melakukan riset pasar di tahun 2014 hingga sekarang peluncurannya, diperlukan waktu pengembangan kurang lebih 2 tahun.

Hi Max merupakan kendaraan Pick Up komersial yang berada pada segment Entry Pick Up di bawah Gran Max, sebagai pilihan tambahan untuk customer.

Hi – Max mengunakan platform Daihatsu Hijet di Jepang. Platform tersebut dikembangkan di Jepang dan di sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia.

Hi-Max menggunakan mesin 1.000 cc 3 silinder DOHC (1KR-DE) yang merupakan mesin yang sudah terbukti handal dan irit; sama seperti mesin yang dipergunakan oleh model Astra Daihatsu Ayla.

Ukuran body Hi-Max lebih kompak dengan radius putar yang terkecil di kelasnya (3.8 m) sehingga lebih mudah bermanuver di jalanan sempit. Selain itu, jarak bak dari tanah yang lebih rendah (680 mm) akan memudahkan customer melakukan proses bongkar muat barang. Dengan mesin 1.000 cc, Hi-Max memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Berdasarkan hasil studi, biaya service Daihatsu Hi-Max adalah sekitar 33%, lebih murah dibandingkan Gran Max. Biaya service HiMax
hingga 100.000 km adalah Rp 7.392.000, sedangkan Gran Max adalah Rp 11.114.600

Hi-Max memiliki tiga keunggulan utama, sebagai berikut:

  1. Body Compact sehingga lincah di jalan sempit,
  2. Daya angkut optimal : mampu membawa beban hingga 750 kg,
  3. Ekonomis : harga terjangkau dan irit BBM serta biaya perawatan murah.

Daihatsu Hi-Max dibuat dengan kualitas pabrikan Jepang yang terbukti fungsional dan efisiensi tinggi. Selain itu, Daihatsu dapat diandalkan : karena memiliki jaringan after sales yang luas (222 outlet & 228 bengkel) serta ketersediaan spare part di berbagai part shop seluruh Indonesia, Daihatsu Hi-MAx diharapkan dapat mendukung sektor usaha sesuai harapan pemerintah agar industri otomotif di Indonesia menyediakan kendaraan yang mampu bermanuver di jalan sempit perkotaan untuk mendukung industri kecil.

Kelas yang dituju oleh Hi-Max adalah entry pick up. Kami menyasar perusahaan yang hendak melakukan ekspansi bisnis untuk menjangkau pelanggan yang tinggal di daerah padat penduduk dengan kondisi jalan yang sempit. Hi-Max juga sesuai untuk UMKM yang hendak mengembangkan bisnis dan beralih dari penggunaan pick up bekas sebelumnya. Selain itu, kami memenuhi kebutuhan perusahaan, baik skala kecil besar menengah terhadap kebutuhan transportasi angkutan skala kecil
Hi-Max memiliki dua variant yaitu variant PU 1.0 Standar dan PU 1.0 Standar AC PS. Harga OTR DKI untuk PU 1.0 Standar adalah 95.3 Juta rupiah dan
PU 1.0 Standar AC PS adalah 103.3 juta rupiah.

Dengan kondisi ekonomi saat ini, Daihatsu memasang target awal penjualan sekitar 250 unit per bulan.

Hi-Max dan Gran Max memiliki keunggulan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing target customer. Justru, melalui Hi-Max kami ingin menciptakan pasar yang baru. Saat ini, belum ada rencana untuk ekspor. Namun, kami akan selalu menyesuaikan dengan permintaan. Berdasarkan data dari Departemen Business Operation ADM, muatan lokal D37N adalah 93%.

Mulai tanggal 10 November 2016 seluruh outlet authorized Daihatsu sudah dapat memasarkan Daihatsu Hi-Max kepada customer. Meskipun HiMax tidak ada product display di showroom Daihatsu, namun semua outlet Daihatsu telah siap memasarkan dan menerima pesanan. Sebagai model baru yang dipasarkan, kami telah mempersiapkan unit test car Daihatsu Hi-Max yang dapat digunakan Sahabat Daihatsu untuk merasakan langsung performance dari model baru ini. Kami juga telah menyiapkan paket-paket penjualan yang sangat menarik dan terjangkau untuk Sahabat Daihatsu di Indonesia.

Sebagai kendaraan komersial, exterior Hi-Max lebih ditekankan pada sisi fungsional untuk mendukung kemampuan angkut yang optimal. Hi-Max juga memiliki “Snorkel” yang mampu mencegah terjadinya problem Water Hammer yang mungkin merusak mesin. Konsep dasar interior Hi-Max diarahkan pada fungsional, dengan lebih banyak tempat penyimpanan seperti dashboard tray, upper tray, driver pocket, bottle holder, coin tray. Kenyamanan pengemudi didukung oleh door armrest & driver sliding seat pada variant Standard AC PS. A Hi-Max menggunakan mesin 1.000 cc 3 silinder DOHC (1KR-DE) yang merupakan mesin yang sudah terbukti handal dan irit; sama seperti mesin yang dipergunakan oleh model Astra Daihatsu Ayla.

Suspensi depan Hi-Max menggunakan system MacPherson Strut, dengan per keong. Sementara itu, untuk suspensi belakang menggunakan Rigid-axle dengan per daun. Untuk keselamatan sudah tersedia sabuk pengaman bagi penumpang dan pengendara, serta terdapat colapsible steering column. Untuk rem depan, Hi-Max sudah memakai Ventilated Disc (cakram berventilasi) dengan booster, sementara itu, rem belakang menggunakan jenis Drum, leading & trailing. Daihatsu Hi-Max dibuat dengan kualitas pabrikan Jepang yang terbukti fungsional dan efisiensi tinggi. Selain itu, Daihatsu dapat diandalkan : karena memiliki jaringan after sales yang luas (223 outlet & 228 bengkel) serta ketersediaan spare part di berbagai part shop seluruh Indonesia,
Selain itu, Hi-Max dilengkapi “snorkle” sehingga memiliki air Intake yang tinggi, lebih aman dari banjir. Hi-Max sebagai Sahabat Usaha merupakan entry pick up yang mampu menjelajahi jalan sempit, dengan harga yang terjangkau dan irit bahan bakar serta biaya maintenance yang murah. Spare part Hi-Max selalu tersedia di seluruh workshop & part Shop yang tersebar di seluruh Indonesia. Hi-Max didukung oleh jaringan after sales yang luas (223 outlet & 228 bengkel) di seluruh Indonesia.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]