12327937_1513046822356373_1826254248_n

Daihatsu Indonesia kembali meraih penghargaan dari JD Power Asia Pasific sebagai juara pertama untuk indeks kepuasan pelanggan saat penjualan (Sales Satisfaction Indeks/SSI) tahun 2015. Penghargaan ini juga pernah diterima Daihatsu pada tahun 2012 lampau.
“Penghargaan JD Power merupakan pengakuan dari pelanggan, bahwa Daihatsu memberi pelayanan memuaskan dibanding merek-merek lain,” ujar CEO PT.Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Djony Bunarto Tjondro dalam sambutannya seusai menerima trofi penghargaan dari Manajer JD Power Asia Pasific Srabani Bandyopadhyay di acara “Pesta Sahabat Daihatsu” di Jakarta, Sabtu (6/12) siang. “Saya berterima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya sehingga kami bisa meraih penghargaan ini,” ujar bapak Djoni. Menurut dia, kepuasan pelanggan adalah hasil kerja keras seluruh tim Daihatsu yang konsisten menjalankan standar pelayanan dengan sepenuh hati. Ia berharap, pencapaian itu tidak membuat jajaran Daihatsu berpuas diri. “Tetapi ini menjadi penyemangat agar terus memberi yang terbaik kepada pelanggan. Sehingga, penghargaan ini bisa dipertahankan. Memberi pelayanan terbaik adalah DNA tiap insan Daihatsu,” ujar Djoni menutup sambutannya.
Daihatsu meraih poin tertinggi bersama Mitsubishi sebesar 780 poin untuk SSI yaitu kepuasan pelanggan untuk layanan penjualan, mulai dari calon konsumen datang ke outlet, diterima satpam, disambut sales force, kecepatan penanganan administrasi, hingga kualitas layanan pengiriman kendaraan ke rumah konsumen. JD Power melakukan survei kepada 2.454 pembeli mobil baru Daihatsu di periode September 2014 hingga Juni 2015. Mereka kemudian melakukan studi dari hasil survei pengalaman dan persepsi pembeli pada Oktober 2015.
Marketing & Customer Relations PT AI-DSO Hendrayadi Lastiyoso menjelaskan, Daihatsu memiliki standar layanan yang sama di 221 outlet diseluruh Indonesia. ”Kami mengembangkan standar pelayanan yang sangat berorientasi kepada kepuasan pelanggan. Kami melihat apa kebutuhan konsumen, bukan melihat apa kebutuhan kami. Kuncinya, konsistensi sesuai SOP. Kalau dilaksanakan, kami pastikan konsumen menerima pelayanan yang tinggi,” tuturnya.
Pada kesempatan yang sama Presiden Direktur PT.Astra Daihatsu Motor Sudirman MR menyampaikan ucapan selamat kepada PT AI-DSO atas prestasi meraih penghargaan JD Power. Menurutnya, penghargaan itu menjadi bukti bahwa Daihatsu selalu peduli kepada kepuasan pelanggan. Hal itulah yang menjadi kunci sukses Daihatsu bisa terus berada di papan atas penjualan automotif nasional di tengah persaingan yang ketat dan kondisi ekonomi yang lesu. ”Tahun 2015 ini merupakan tahun tantangan. Penjualan automotif nasional turun 18%. Tetapi, Daihatsu meraih beberapa catatan sukses di tahun ini,” ujar Sudirman.

Hatim varabi (koran-sindo.com/news)
Yuliantino Situmorang/Merdhy Pasaribu/YS (Suara Pembaruan)